PendaftaranInformasi Pendaftaran Santri Baru Tahun 2016/207

BIJAKSANA

Bijaksana
Bijaksana

 

🍀🍀🍀

Menunggu apa yang kita inginkan dengan penuh asa. Bahkan setengah menuntut apa yang menjadi hak kita. Terlebih kepada Alloh Azza Wa jalla.

Sementara dalam memenuhi kewajiban seadanya. Atau lebih sering sekedarnya saja. Atas dalih yang penting ikhlas dan tidak memaksa.

Selayaknya merenung seksama.
Adakah cara ini bijaksana ??!
Dan anehnya lagi, itu pun di lakukan juga kepada sesama manusia. Aktif menuntut hak yang seharusnya di terima. Sementara kewajiban banyak yang tersia-sia.

Kebenaran yang tidak profesinal di kelola. Akan kalah dengan kebatilan sekalipun, bila kebatilan itu dengan profesional di kelola. Menjadi sunatulah yang ada. Dan berlaku sepanjang masa.

Merasa, kalau amal sholeh itu, tidak perlu profesional melaksanakanya. Yang penting ikhlas aja. Jangan di paksa. Tidak perlu di evakuasi, nanti riya. Ujungnya di kerjakan dengan tersia-sia.

Sementara, kalau pekerjaan bersifat kerja. Atau yang berkaitan dengan gaji dan upah yang di terima. Harus profesional dan seksama. Disiplin kuat di jaga. Totalitas di tuntut sepenuh jiwa. Integritas juga harus ada.

Sejenak sempat lupa. Atau mungkin berpura amnesia. Kalau kita, kepada Alloh lebih dari sekedar pekerja. Tapi sebagai hamba. Alloh yang mencipta kita, memiliki kita sekaligus kuasa.

Bukan saja menyiapkan keuntungan dunia. Dengan nikmat yang bakal di terima. Juga akherat kelak disana. Dengan pahala dan surga.

Bukan saja menyiapkan hukuman dunia, yang membawa celaka. Juga menyiapkan hukuman akherat, yang lebih celaka dan membenam dalam kecewa.

Hendaklah untuk urusan agama Alloh dan jalanNya lebih profesional di jaga. Melebihi sekedar urusan dunia dan urusan kerja. Agar sesal tidak menyapa. Terusir dari rahmat Alloh dan dari status hamba.

Semoga kita belajar dengannya..!!

_____________________________
KH. Umar Faqihuddin, S. PdI.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Galeri Pondok dan Santri